Sabtu, 05 Maret 2011

Cara Mengetahui Ukuran Header, Sidebar dan Halaman Posting

Jika ingin merubah tampilan blog, kita sulit mengelak dari struktur template. Karena disitulah kunci untuk mengatur tampilannya. Beberapa bagian template yang sering menjadi sasaran adalah header, sidebar dan halaman posting, misalnya masalah ukuran. Untuk memudahkan kita mengetahuinya akan lebih baik jika dipahami beberapa istilah kunci pada template blogspot:

  • Header-wrapper, yaitu halaman title dan deskripsi blog
  • outer-wrapper, yaitu halaman body (keseluruhan)
  • main-wrapper, yaitu halaman posting
  • sidebar-wrapper, yaitu halaman tempat widget
  • footer-wrapper, yaitu halaman catatan kaki
Nah, dengan bekal istilah-istilah tersebut kita bisa lebih sigap dalam mengetahui ukuran dari setiap bagian template yang kita inginkan. Gunakanlah istilah tersebut sebagai kode untuk mencari bagiannya masing-masing. Jangan lupa tambahkan tanda # di awalnya. Jika anda ingin mengetahui ukuran header misalnya, maka kode pencarianya menjadi #header-wrapper. Begitu juga untuk bagian-bagian lainnya. Sebagai contoh, sekarang mari kita coba mengetahui ukuran header. Berikut langkah-langkahnya:

1. Akseslah halaman Dasbor blog anda dan klik pada Rancangan.

Cara Memberi Bayangan Huruf pada Menu Sidebar

2. Klik pada Edit HTML.

Cara Mengetahui Ukuran Header, Sidebar dan Halaman Posting

3. Kemudian carilah kode:   #header-wrapper

4. Agar lebih mudah mencarinya tekan (Ctrl + F) pada keyboard lalu tekan Enter. Maka akan muncul kotak Find. Ketiklah kode yang akan dicari pada kotak tersebut lalu tekan Enter, maka secara otomatis akan muncul kode yang dicari dalam keadaan terseleksi dengan warna hijau.

Cara Mengetahui Ukuran Header, Sidebar dan Halaman Posting

5. Sekarang perhatikanlah beberapa baris kode dibawahnya. Sebagai contoh serta keterangannya akan tampak seperti di bawah ini:

#header-wrapper {     (artinya halaman header)
width:900px;              (artinya lebarnya 900 pixels)
height:120px;             (artinya tingginya 120 pixels)

Nah, sekarang kita sudah tahu itulah ukuran headernya, yaitu lebar 900px dan tingginya 120px. (Sebagai catatan, secara default ukuran yang ada pada header bisanya hanya lebar(width)nya saja. Untuk tinggi biasanya ditambahkan kemudian jika kita ingin memasang gambar pada header).

Selanjutnya lakukanlah langkah yang sama untuk mengetahui ukuran sidebar dan halaman posting. Tentunya dengan menggunakan kode pencarian sesuai daftar istilah struktur template tadi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

1 komentar:

- Komentar sobat akan langsung tampil
- Hindari komentar berbau SARA dan SPAM
- Bila dilanggar, maafkan saya bila terpaksa menghapus komentar sobat
- Silahkan berkomentar ^_^
- Terima kasih